Jumat, 11 Mei 2012

 Kuota BBM Lewat 2,5 Jt KL, Pemerintah Nombok Rp8 T
 Ilustrasi. (Foto: Okezone)
 ILUSTRASI
MEDIA INFORMASI, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menuturkan anggaran pemerintah bisa jebol mencapai sekira Rp25 triliun jika pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan apapun terkait dengan energi pada tahun ini.

Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Rofyanto Kurniawan menjelaskan, kuota BBM dapat jebol sekira 48 juta kiloliter (kl) yang mana lebih tinggi dari apa yang telah ditetapkan pemerintah dalam APBN-P 2012 sebesar 40 juta kl.

"Kalau 2,5 juta kl saja, itu bisa sampai Rp6 triliun-Rp8 triliunan," ungkapnya kala ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (11/5/2012).

Dengan perhitungan tersebut, maka dari itu diperlukan kebijakan mengenai energi tersebut guna menghemat penggunaan konsumsi BBM subsidi ini.

"Nah, semuanya ini tergantung upaya kita penghematan ini. Artinya seberapa jauh menekan berapa BBM ini, dari 48 juta KL bisa menekan berapa? 44 juta kl atau 43 juta kl. Nah itu memang sangat signifikan. Satu juta KL saja menghematnya sangat signifikan. Sampai 45 juta kl atau 44 juta kl itu sudah sangat lumayan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar